minyak atsiri sereh wangi

minyak atsiri sereh wangi

Selasa, 28 Januari 2014

langkah awal

teman-teman sebelum memulai usaha ada baiknya kita pikirkan dahulu masak-masak. apakah usaha yang akan dijalanin itu worth it atau nggak..jangan sampai ada penyesalan dikemudian hari. agar terus sukses ada kalanya harus dipikirkan
1. Permodalan
    modal itu ga hanya finansial aja masbro..tapi juga ke imanan..hehehe
 artinya musti sholat istikharoh dulu minta ama yg diatas ridho-Nya mudah-mudahan dilancarkeun usahanya. juga nyali yang banyak bro..sebab bisnis agro ini kan ga mungkin dijalanin di jakarta maka dari itu apakah ente siap berada diperkampungan atau luar daerah???
2. Lingkungan
 sebenarnya buat agro bisnis ini start awal yg jangan sampe keliru..krn lingkungan yg agraris ini bisa menentukan tumbuh kembangnya tanaman yang akan kita budi dayakan.jangan ampe salah bikin lokasi kebunnya boss gtu..
3. Tenaga kerja
Jangan sampe ente dikerjain ama karyawan.bukannya kita yang ngasi kerjaan eh malah dia yg bikin kita kerjaan alias tukang boong ga jujur//oia, ati-ati ama orang kampung setempat karena biasanya pendatang selalu "digerogotin" kantongnya dan bisa jebol lho..

oke, lanjut ama survey dulu boss..ga akan bisa kalo ga sampe mateng surveynya dalam artian ente musti siapin dari hulu sampe hilirnya buat perbekalan usaha..jangan sampe cuman ente denger katanya dan katanya..waaaah ga bertanggung jawab tuh...dasar orkamsi..mata duitan..biasanya ga mau di "hitas atasputih" kan tuh mereka...bisa amsiong dah..

nah kalo semua udah mateng baca dah ni copas ane dari sebelah..

   PROSPEK USAHA MINYAK ATSIRI DAUN SERAI WANGI

Salah satu tanaman yang berkhasiat obat yang terdapat di Indonesia yaitu daun Serai Wangi (cymbopogon nardus L. Rendle) termasuk family poaceae yang lebih dekenal sebagai penghasil minyak serai wangi. Minyak ini banyak diminati oleh konsumen luar negeri terutama para pengusaha yang bergerak di bidang farmasi, parfum, maupun kosmetik.
Sampai saat ini Indonesia baru menghasilkan sembilan jenis minyak atsiri
yaitu: minyak cengkeh, minyak kenanga, minyak nilam, minyak akar wangi,minyak pala, minyak kayu putih dan minyak sereh wangi. Dari sembilan jenis minyak atsiri ini
terdapat enam jenis minyak yang paling menonjol di Indonesia yaitu: minyak pala
minyak nilam, minyak cengkeh dan minyak sereh wangi.
      Suatu hal yang perlu diketahui bahwa pada saat sekarang ini minyak sereh wangi
mempunyai harga pasaran yang tinggi sesudah minyak pala dan minyak lada. Hal ini
tentu akan melipat gandakan penghasilan petani. Hanya masalahnya sekarang adalah masih banyak para petani sereh wangi yang melakukan penyulingan hanya secara tradisionil saja. Sehingga untuk mendapatkan rendemen yang tinggi serta kwalitas minyak yang dikehendaki konsuwen tidak terpenuhi. (Ketaren, 1985)
Dibalik harga yang tinggi dari minyak sereh wangi itu, minyak ini sangat sulit dicari dalam jumlah yang banyak, artinya dapat menghasilkan rendemen yang tinggi serta memenuhi kwalitas ekspor. (Anonimous, 1988)
Menurut Ketua Dewan Atsiri Indonesia Wien P Gunawan, Indonesia adalah penghasil minyak atsiri terbesar kedua di Asia. Data UN Comtrade tahun 2006 bahkan menunjukkan, Indonesia merupakan produsen minyak atsiri terbesar ketujuh di Dunia. Dari 70 jenis minyak atsiri yang diperdagangkan di pasaran internasional, sekitar 9-12 jenis minyak atsiri diekspor dari Indonesia Pangsa pasar ekspor Indonesia dari pasar dunia untuk beberapa minyak atsiri antara lain minyak nilam 85 persen, minyak pala 70 persen, minyak cengkeh 63 persen, dan minyak sereh 15 persen.
diagramnya kurang lebih begini masbro...




So, peluangnya masi sangat amatlah lebar buat usaha ini ..semoga bermanfaat...amiiin...











Tidak ada komentar:

Posting Komentar